ju
Powered by Blogger.

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Tidak Mengeluarkan Suara

                                                        Hasil gambar untuk cara mengatasi komputer tidak ada suara
Menganalisa Komputer tidak ada suara, penyebab dan cara mengatasinya. Hal yang menyebabkan komputer tidak bersuara bisa dikarenakan masalah hardware ataupun masalah pada software. Dalam hal ini anda harus mengecek terlebih dahulu softwarenya apakah sudah terinstal secara baik atau belum, silakan cek di device manager.
Cek software melalui device manager.

Klik kanan Computer lalu pilih manage, lalu klik device manager.


Klik 2 kali pada sound, video and game controllers, lalu lihat nama software di bawahnya sudah tertinstal aktif atau belum. Jika tidak muncul nama atau terdapat tanda seru kuning berarti software belum diaktifkan.

Jika perangkat memiliki tanda berwarna kuning berarti ada masalah pada driver/driver yang hilang. Instal drivernya dulu. Coba cari audio device (atau unknown device) lalu klik kanan dan pilih Properties.

Periksa pada Device usage , lihat kolom dibawahnya apakah ada tulisan Use this device (enable), atau This device is working properly. jika ini tidak ada berarti ini penyebabnya.



Lanjut pilih tab Properties, lalu pilih di Audio Devices.

width="290">
Klik tombol Properties untuk membuka jendela audio device properties, kemudian anda pastikan pilihan radio button [Use audio features on this device] yang terpilih/terseleksi lalu klik OK.


Setelah itu anda juga bisa mengecek pada rincian driver, tersedia wizard Update Driver, atau Roll Back Driver. Update Driver adalah untuk mengupdate driver anda, bisa dari CD maupun download. Roll Back Driver adalah untuk mengembalikan driver yang mungkin anda update tetapi gagal, nah pilihan ini bisa mengembalikan lagi ke kondisi awal.


Jika komputer Anda memiliki perangkat kartu audio onboard, dan ingin menggunakan kartu suara terpisah, silakan nonaktifkan perangkat suara onboard di BIOS komputer anda agar tak terjadi konflik. Untuk perangkat audio USB, juga pastikan port USB terinstal (scan).

Jika Anda akan mengaktifkan driver dengan cara update driver caranya, yaitu install dari komputer melalui CD Driver bawaan atau download melalui internet sesuai dengan OS dan merk PC anda.

Setelah driver sudah terinstall, lalu lihat settingan pada software driver. Misal anda menggunakan driver software realtek audio manager, maka ketika anda menancapkan headphone pada komputer, akan muncul pesan untuk menentukan jenis device yang baru saja anda pasang tadi, jika menggunakan headphone , pilih headphone.

Anda juga bisa menggunakan tool Troubleshooter di windows, untuk menelusuri masalah yang terjadi.
0 Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Tidak Mengeluarkan Suara"

Back To Top