Kadang -kadang menyambungkan pencetak ke komputer adalah hal yang sulit. Anda harus menyambungkan pencetak ke porta (alias port) khusus, memastikan semua pengandar (alias driver) telah dikonfigurasikan dengan benar, dan berharap sistem operasi yang Anda gunakan dapat bekerja sama dengan pencetak. Di zaman sekarang ini semuanya terlihat sederhana. Menyambungkan langsung pencetak ke komputer, mengatur pencetak jaringan, atau mencetak dari ponsel pintar atau tablet, Anda dapat melakukannya dan mencetak hanya dalam beberapa menit.
Metode 1 dari 4: Menyambungkan Pencetak ke Komputer Windows
Metode 1 dari 4: Menyambungkan Pencetak ke Komputer Windows
1
Atur pencetak agar berada dekat dengan komputer. Pastikan jaraknya cukup dekat sehingga kabelnya bisa sampai ke komputer tanpa harus tertarik.
- 2Instal perangkat lunak yang disertakan pada pencetak Anda. Agar lebih mudah dalam memasang pencetak, installah perangkat lunak apa pun yang disertakan pada pencetak sebelum menyambungkannya.
- Jika Anda tidak mempunyai perangkat lunak sama sekali, jangan khawatir. Windows biasanya akan otomatis mendeteksi pencetak saat terpasang.
- 3Colokkan pencetak ke komputer menggunakan kabel USB. Pastikan pencetak terpasang ke porta USB langsung di komputer, dan bukan melalui pusat USB.
- Pastikan pencetak telah dicolokkan ke sumber listrik dan telah menyala.
- 4Ikuti perintah pada windows untuk menginstal pencetak. Windows harusnya dapat otomatis menemukan pencetak baru dan menginstal semua perangkat lunak tambahan yang dibutuhkan.
- 5Pastikan pencetak Anda telah terpasang dengan benar.
- Buka Control Panel.
- Pilih "Devices and Printers".
- Cari pencetak yang baru terinstal pada daftar.
- 6Unduh pengandar yang telah diperbarui dari produsennya jika pencetak tidak terinstal. Jika pencetak tetap tidak muncul, menginstal pengandar baru dari produsennya mungkin bisa memecahkan masalah Anda. Kunjungi situs dukungan produsen pencetak dan unduhlah pengandar untuk model pencetak Anda.
- Metode 2 dari 4: Menyambungkan Pencetak ke komputer Mac
- 1Atur pencetak agar berada dekat dengan komputer. Pastikan jaraknya cukup dekat sehingga kabelnya bisa sampai ke komputer tanpa harus tertarik.
- 2Instal perangkat lunak yang disertakan pada pencetak Anda. Agar lebih mudah dalam memasang pencetak, installah perangkat lunak apa pun yang disertakan pada pencetak sebelum menyambungkannya.
- Jika Anda tidak mempunyai perangkat lunak sama sekali, OS X biasanya akan otomatis mendeteksi pencetak saat terpasang.
- 3Colokkan pencetak ke komputer menggunakan kabel USB. Pastikan pencetak terpasang ke porta USB langsung di komputer, dan bukan melalui pusat USB.
- Pastikan pencetak telah dicolokkan ke sumber listrik dan telah menyala.
- 4Ikuti perintah pada OS X untuk menginstal pencetak. OS X harusnya dapat otomatis menemukan pencetak baru dan menginstal semua perangkat lunak tambahan yang dibutuhkan.
- 5Pastikan pencetak telah terinstal dengan benar.
- Klik menu Apple.
- Pilih Print & Scan.
- Temukan pencetak Anda di daftar di sebelah kiri.
- 6Unduh pengandar yang telah diperbarui dari produsennya jika pencetak tidak terinstal. Jika pencetak tetap tidak muncul, menginstal pengandar baru dari produsennya mungkin bisa memecahkan masalah Anda. Kunjungi situs dukungan produsen pencetak dan unduhlah pengandar untuk model pencetak Anda.
Metode 3 dari 4: Menyiapkan Pencetak Jaringan
Untuk menyiapkan pencetak yang bisa digunakan oleh komputer apa pun di jaringan yang bisa Anda akses, klik di sini. Untuk membagikan pencetak yang terhubung dengan komputer Windows, klik di sini.
Untuk membagikan pencetak yang terhubung dengan komputer Mac, klik di sini.- 1Periksa kemungkinan koneksi jaringan pencetak Anda. Banyak pencetak yang lebih baru mampu terhubung ke jaringan nirkabel, dan banyak pula memiliki porta Ethernet. Jika pencetak Anda tidak memiliki satu pun, Anda harus menghubungkan pencetak ke komputer Anda lalu membaginya pada jaringan atau menghubungkannya ke peladen cetak, yakni sebuah kotak kecil yang dapat menghubungi jaringan tempat Anda mencolokkan kabel USB pencetak.[1]
- 2Atur komputer di lokasi yang bisa mendapatkan sinyal nirkabel. Pencetak Anda arus bisa berkomunikasi dengan perute (alias router) nirkabel, jadi jangan letakkan terlalu jauh dari perute.
- Jika Anda menghubungkan pencetak melalui Ethernet, pencetak harus dihubungkan ke perute. Artinya pencetak harus berada di lokasi yang bisa terhubung dengan mudah menggunakan kabel Ethernet.
- 3Nyalakan pencetak. Selesaikan petunjuk agar pencetak bisa menampilkan petunjuk untuk terhubung ke jaringan.
- 4Periksa manual pemasangan jaringan spesifik yang disertakan pada pencetak. Jika tidak tersedia buku panduan, Anda bisa menemukannya di situs dukungan produsen dari pencetak tersebut.
- Sebagian pencetak harus terhubung langsung ke komputer sebelum bisa digunakan secara nirkabel, sementara sebagian lain memungkinkan Anda untuk menyelesaikan proses pemasangan nirkabel sepenuhnya pada pencetak itu sendiri.
- Jika pencetak Anda mendukung jaringan nirkabel, Anda biasanya harus menggunakan menu antarmuka pada pencetak untuk mencari jaringan nirkabel Anda. Setelah terhubung, Anda harus memasukkan kata sandi nirkabel.
- 5Hubungkan PC Windows Anda ke pencetak jaringan. Setelah pencetak terhubung ke jaringan, Anda haru menambahkannya pada Windows. Jika Anda menggunakan Mac, lihat langkah berikutnya.
- Buka Control Panel dan pilih "Devices and Printers".
- Klik tombol Add a Printer di atas halaman.
- Pilih "Add a network, wireless, or Bluetooth printer".
- Windows akan mencari pencetak yang tersedia. Pilih jaringan pencetak baru dari daftar dan klik Next.
- Cetak halaman uji (test page). Setelah terhubung ke pencetak, Windows otomatis akan menginstal pengandar yang dibutuhkan. Anda akan dibawa ke halaman terakhir dan mempunyai pilihan untuk mengatur pencetak Anda secara baku. Anda juga bisa mencetak halaman uji untuk memastikan instalasi bekerja.
- 6Hubungkan komputer OS X Anda ke jaringan pencetak. Biasanya jaringan pencetak sudah tersedia di OS X. Namun jika tidak tambahkan secara manual. Klik menu Apple dan pilih System Preferences.
- Klik tombol "Print & Scan" di bagian Hardware. Ini akan membuka daftar pencetak yang telah terhubung.
- Klik tombol + di bagian bawah daftar pencetak. Dari jendela baru ini, Anda bisa mencari pencetak yang terhubung ke jaringan. Jika pencetak dibagikan oleh komputer Windows, gunakan opsi Windows untuk mencarinya.
- Klik tombol Add. Pencetak akan ditambahkan ke daftar pencetak yang tersedia.[2]
Berbagi pencetak dengan Komputer Lain (Windows)
- 1Pasang pencetak pada komputer yang berbagi pencetak. Lihat bagian pertama untuk instruksi terperinci.
- 2Buka Control Panel pada komputer yang terhubung dengan pencetak.
Tag :
hardware
0 Komentar untuk "Cara Menghubungkan Printer ke Komputer"