ju
Powered by Blogger.

Pengertian, Jenis-Jenis, Kelebihan & Kekurangan NAT

NAT (Network Address Translation) ini adalah sebuah metode yang di gunakan untuk menghemat pemakai IP address, yang dimaksud disini adalah IPV4.
NAT ini menerjemahkan beberapa IP address yang ada di jaringan local menjadi satu alamat IP publik. Jadi, setiap komputer yang berada dalam sebuah jaringan di wakilkan oleh satu IP publik, sehingga sistemnya kurang lebih seperti share satu koneksi kebanyak komputer.

Jenis-Jenis NAT :

1. Static NAT
Tugasnya menerjemahkan satu IP address menjadi satu IP address lainnya. Static NAT hanya bisa mewakili satu IP address dengan satu IP address. Biasanya di gunakan untuk menerjemahkan satu IP private menjadi IP public, dengan demikian komputer atas perangkat yang berada di jaringan local dengan IP private bisa terkoneksi dengan internet tanpa harus mengganti IP addressnya .
Contohnya, jika kamu memiliki sebuah web server dan ingin di ekspor agar bisa diakses melalui internet tanpa merubah IP address dari server web tersebut, maka menggunakan static NAT ini sangat tepat.

2. Dinamyc NAT
Dinamyc NAT akan menerjemahkan secara dinamis IP private menjadi IP public. Pada NAT jenis ini haruslah tersedia beberapa atau sekumpulan IP public. Jadi, ketika ada sebuah host  dari jaringan local ingin mengirim atau menerima paket router akan memilih salah satu IP yang tersedia dan tidak sedang digunakan, kemudian meneruskannya sesuai paket. Tapi kelemahan dari dinamyic NAT ini adalah harus tersedianya beberapa IP public.

3. Overloading atau PAT (Port Address Translation)
Jenis overloading ini adalah metode yang sangat umum diterapkan pada sebuah jaringan, dimana satu IP public dapat mewakili banyak IP private. Kelebihannya sudah jelas, yaitu bisa menerjemahkan banyak IP address pada jaringan local menjadi IP public.

 Kelebihan Menggunakan NAT

Bisa membuat IP addres yang belum terdaftar menjadi terdaftar tanpa memerlukan konfigurasi    sehingga bisa mengakses internet.

# Banyaknya host yang menggunakan IP private di mungkinkan untuk bisa dengan mudah terkoneksi  ke internet.

# Ketika terjadi perubahan alamat IP yang menuntut perubahan pada sistem IP address secara  keseluruhan dari sebuah segment IP address maka dengan NAT proses perubahan itu tidak perlu  dilakukan secara keseluruhan.

Kekurangan Menggunakan NAT

# Proses penerjemahan IP address bisa membutuhkan waktu atau delay jika menggunakan NAT.

# Proses penelusuran sumber lalu lintas bisa saja terlambat atau sulit jika menggunakan NAT.
 Alasannya simpel, karena paket yang terdeteksi di public adalah IP address yang sudah    diterjemahkan (IP public). Padahal paket tersebut datangnya dari host-host yang berada dalam  jaringan internal dengan menggunakan IP private.

# Beberapa aplikasi tentu ada yang tidak berfungsi bila dileatkan pada jaringan yang menerapkan    NAT

Tag : jaringan
0 Komentar untuk "Pengertian, Jenis-Jenis, Kelebihan & Kekurangan NAT"

Back To Top